Capstone design dalam proses pembelajaran Prodi Teknik Pengolahan Limbah


Capstone design didefinisikan oleh ABET sebagai puncak dari pengalaman mahasiswa sarjana, untuk menciptakan cetak biru dalam hal inovasi desain teknik. Dalam hal ini mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan ilmu dari mata kuliah yang telah dipelajari sebelumnya. ABET mensyaratkan proses engineering dilakukan dengan benar, yaitu dihasilkannya suatu perancangan pada pembuatan suatu produk.
Pelaksanaan Capstone Design Prodi Teknik Pengolahan Limbah dapat dibagi menjadi beberapa tahapan:
1. Proposal
Berisi rumusan masalah di tempat magang (OJT) yang akan diselesaikan menggunakan TA maupun tugas terstruktur lainya.
2. Analisis
Berisi berupa studi kasus, simulasi/pemodelan, eksperimen, dan bisnis plan sebagai solusi terhadap permasalahan
3. Perancangan
Berupa pembuatan alat, model, prototipe, software atau dokumen projek
4. Desain
Berisi dokumen implementasi hasil desain, meliputi kegiatan perancangan dengan luaran berupa hasil desain seperti gambar kerja, gambar assembly, gambar sistem pengolahan limbah, dan lain-lain. Isi dokumen dapat berupa: source code, layout hasil produk, gambar detail dan lain-lain.
5. Pengujian
Berisi hasil pengujian produk yang telah dibuat, misal hasil uji coba fungsionalitas produk. Hasil pengujian produk harus dapat memecahkan masalah.
Penerapan Capstone design dalam pembelajaran di Prodi Teknik Pengolahan Limbah selain TA salah satunya matakuliah : Aplikasi Perencanaan Instalasi Pengolahan Limbah Cair Industri, Aplikasi Perencanaan Instalasi Pengendali Pencemaran Gas/Partikulat industri dan Aplikasi Perencanaan Secure Landfill/ TPS Limbah B3. lebih lanjut panduan/pedoman penerapan capstone design bisa dilihat panduan Capstone Design